Penanganan suspek PMK, Kementerian Pertanian RI Turun Langsung di Kandang Kumpul di Gerung

  • Bagikan
Penanganan suspek PMK, Kementerian Pertanian RI Turun Langsung di Kandang Kumpul di Gerung

Lombok Barat, NTB – Kementerian Pertanian RI melakukan Pengecekan dan Pengobatan terkait hewan ternak yang suspek PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku), Lombok Barat.

Tepatnya di Kandang Kumpul Penarukan Daya, Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK melalui Kapolsek Gerung AKP Agus Pujianto, S.Pd, melakukan pendampingan langsung.

“Sesuai dengan penekanan Bapak Kapolri, tentang upaya mitigasi untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak,” ungkap Kapolsek Gerung, Jumat (20/5/2022).

Sehingga pihaknya bersinergi dan kolaborasi dengan Dinas Peternakan Daerah untuk pendataan, vaksinasi, Pengobatan terkait hewan ternak yang suspek PMK ini.

Sehingga dalam kegitan ini melakukan pengecekan, Pengobatan serta Penyerahan Obat Hewan, Disinfektan dan APD langsung. Dari Kementerian Pertanian dan Peternakan RI terkait dengan adanya hewan ternak Sapi yang Suspek PMK (Penyakit Mulut dan Kuku.

Kepala Dinas Pertanian Lombok Barat Ir. H. L. Winengan, S.P, M.M mengatakan terkait dengan hewan ternak yang terkena PMK harus tetap tenang .

“Karena tidak menyebabkan kematian, dan ada obatnya. Dirjen Peternakan datang langsung kesini untuk memberikan himbauan dan membawakan obat kepada para Peternak ini,” ungkapnya.

Menurutnya, dari penyakit yang mengenai sebagian dari sapi yang ada di Kecamatan Gerung, sudah ada yang sembuh.

“Dengan obat dari dokter hewan maupun dari obat tradisional sehingga kepada para peternak bisa tenang,” katanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.