Lomba Kampung Sehat Jilid 2, Mendorong Ekonomi Kreatif Masyarakat Desa Lelede Go Internasional

  • Bagikan

Kediri – Ditengah pandemic Covid-19, Kerajinan Tangan di Desa Lelede Kecamatan Kediri Lombok Barat NTB ini, malah semakin berkembang, dengan mengirimkan berkotainer barang kerajinan yang menyasar pasar Amerika Serikat.

Safni, selaku pengawas Kerajinan yang memanfaatkan pelepah kelapa ini mengatakan, produk sederhana ini ternyata memikat minat warga Amerika Serikat, untuk memenuhi kebutuhan Dekorasi unik disana, Senin (22/3/2021).

“Sempat sepi, bukan karena sepi permintaan, namun pada awal masa pandemic cenderung terkendala keterlambatan dalam pengiriman, saat itu terjadi penutupan pengiriman,” pungkasnya.

Menurutnya, pemilik usaha ini mempertahankan usahanya ditengah masa pandemic saat ini, karena dengan berbagai pertimbangan, dimana memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya.

“Ini dikhawatirkan mempengaruhi perkenomian Masyarakat sekitar, termasuk kelangsungan usaha penyedia bahan baku, yang telah bergantung dengan usaha ini selama 11 tahun lebih,” imbuhnya.

Seiring dengan berjalankannya waktu, dengan dibukanya kembali pengiriman barang, maka produksi kembali dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

“Caranya, dengan tetap membangun kemitraan yang baik bersama costumer, serta tidak mengurangi kualitas dari hasil kerajinan tangan tersebut,” ucapnya.

Adapun produk kerajinan yang dihasilkan sebanyak 5 jenis, dan pengiriman dilakukan setiap dua bulan sebanyak satu container.

“Tujuan utama menyasar pasar Amerika Serikat, dan saat ini sedang berupaya untuk memasuki Pasar Eropa,” bebernya.

Terkait permintaan, tidak terjadi penurunan bahkan sampai saat ini masih kewalahan dalam memenuhi permintaan pasar, hanya saja kadang terkendala dalam ketersediaan bahan baku, dimana cuaca sangat mempengaruhi.

“Terutama saat cuaca kurang mendukung, dimana saat musim penghujan dan cuaca buruk, penyedia kesulitan memenuhi ketersediaan bahan baku,” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.